Main Article Content
Abstract
Kota Palu sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah dengan kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi yang setiap tahunnya memiliki kematian sekitar 365 jiwa. Kecelakaan lalu lintas dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya jenis pelanggaran, jenis kecelakaan, dan lain-lain. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menentukan ketepatan klasifikasi pada korban kecelakaan lalu lintas di Kota Palu dengan menggunakan metode boosting serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketepatan klasifikasi metode boosting sebesar 82% dan metode CART sebesar 77,9%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode boosting dapat meningkatan tingkat akurasi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi korban kecelakaan lalu lintas di Kota Palu adalah faktor jenis kecelakaan (X1), peran korban dalam kecelakaan (X4), jenis pelanggaran (X7) dan usia (X3) korban kecelakaan lalu lintas di Kota Palu.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).