Main Article Content

Abstract

Alat komunikasi dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Salah satunya yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia yaitu handphone (HP). Untuk itu setiap perusahaan HP pasti ingin mengetahui gambaran produk yang paling banyak diminati oleh konsumen sehingga produk mereka bisa laku di pasaran. Adapun salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengetahui kesukaan konsumen pada suatu produk adalah analisis konjoin. Analisis konjoin digunakan untuk membantu mendapatkan kombinasi atau komposisi faktor-faktor berupa atribut suatu produk atau jasa baik baru maupun lama yang paling disukai konsumen dengan menghitung Nilai Kegunaan Taraf (NKT) dan Nilai Relatif Penting (NRP). Hasil yang diperoleh menurut preferensi Mahasiswa FMIPA Universitas Tadulako yang memiliki nilai NRP paling tinggi yaitu merek HP (33,734%). Sedangkan konsep produk HP yang paling disukai mahasiswa yaitu HP dengan merek blackberry dengan harga antara Rp 2.000.000 sampai Rp 2.500.000, bergaransi distibutor dengan model navigasi qwerty, menggunakan layanan jaringan 3,5 G dan resolusi kamera 5 MP.

Keywords

Analisis Konjoin handphone Nilai Kegunaan Taraf Nilai Relatif Penting

Article Details