Main Article Content

Abstract

Sistem antrian adalah suatu himpunan pelanggan, pelayan, dan suatu aturan yang mengatur pelayanan kepada pelanggan. Antrian terbentuk jika banyaknya yang akan dilayani melebihi kapasitas layanan yang tersedia. Hal ini terjadi di Kantor SAMSAT kota Palu yang sering mengalami kasus antrian panjang karena merupakan pusat pembayaran pajak kendaraan bermotor di wilayah kota Palu. Sehingga peneliti tertarik untuk menganalisis sistem antrian di Kantor SAMSAT Kota Palu yang berjenis Single Channe - Multiple Phase. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah uji kecocokan model antrian jalur tunggal dengan beberapa tahap pelayanan di mana data waktu kedatangan dan data waktu pelayanan di uji menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian ini adalah model sistem antrian SAMSAT kota Palu yaitu M/M/3 : FCFS/∞/∞ dan ukuran kinerja yang diperoleh dalam sistem antrian pembayaran pajak kendaraan di Kantor SAMSAT kota Palu baik melalui perhitungan secara manual maupun menggunakan paket WINQSB menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda di mana rata-rata waktu pelayanan yang dihabiskan wajib pajak melebihi dari pada batas waktu pelayanan yang telah ditetapkan yaitu 30 menit sehingga untuk mengurangi tingkat kepadatan wajib pajak serta mengefesienkan waktu pelayanan maka pihak SAMSAT perlu melakukan perbaikan sistem antrian dengan melakukan penambahan jumlah server

Keywords

Sistem Antrian Single Channel- Multiple Phase Ukuran Kinerja

Article Details